Top Ad unit 728 × 90

Hot News

recent

Sejarah Komputer (Presentasi / .ppt)

Computer?
Kata Yang sering kita jumpai dimana saja. Tak hanya kita dengar saja namunkita melakukan pekerjaan saat ini juga menggunakan komputer.

Apa sih Komputer itu? Bagaimana asalnya?

untuk lebih lengkap berikut ada ringkasan secara singgkat tentang sejarah komputer.Komputer atau COMPUTER (dalam bahasa inggris) berasal dari kata COMPUTE yang berarti hitung
jadi komputer berarti sesuatu yang tugasnya untuk menghitung. asal mulanya komputer hanya alat hitung sederhana yang disebut ABACUS atau SEMPUA.Akhirnya seiringperkembangan jaman dan kebutuhan manusia abacus pun Berubah dari generasi ke generasi hingga berakibat lahirnya komputer.

Komputer juga memiliki beberapa generasi Yaitu:

  1. Generasi Pertama (1940 - 1959

  2. Generasi Kedua (1959 -1964)

  3. Generasi Ketiga (1964 - awal 80-an)

  4. Generasi Keempat (awal 80-an - ?)

  5. Generasi Kelima (masa depan)


Generasi Pertama


pada generasi awal ini Komponen untuk komputer berupa VACUM TUBE atau tabung vacum.
Komponen ini membutuhkan daya yang besar. sehingga biaya pengoperasian cukup mahal.


vacum tube


Generasi Kedua


Pada Generasi ke dua, Vacum Tube Mulai di tinggalkan karena telah di temukan komponen baru yaitu TRANSISTIR dan DIODA. dimana biaya pengoperasianj tidak semahal Pada generasi pertama. Selain itu konsumsi listriknya pun tidak sebesar vacum tube

Generasi Ketiga


Generasi ketiga ini Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan Intergrated Circuit yang sering kita kenal dengan IC di tahun 1958. dengan adanya komponen itu berkembangan komputer semakin maju terutama dasi segi ukuran, biaya. karena dengan adanya IC bentuk dari komputer sudah agak kesil dari generasi sebelumnya. juga konsumsi listrik yang digunakan tidak sebesar generasi pendahulunya.

Generasi Keempat


di generasi ini tetap menggunakan IC namun IC di kembangkan lagi menjadi CHIP. sehingga lebih menghemat tempat. Karena Beratus-ratus ribu transistor tertanam didalamnya. hingga sekarang terdapat berjuta-juta bahkan bermilyar transistor yanh di padatkan dalam sebuah benda berbentik segiempat yang terbuat dari silicon.

Sekarang kita berada di generasi empat. sungguh hebatnya orang yang menemukan alat-alat dan komponen-komponen tersebut. mengapa tidak, dengan adanya hal tersebut kita sekarang dapat menikmati teknologi. yang dapat meringankan pekerjaan kita.


Generasi Kelima


generasi ini kita belum dapat dirasakan oleh para masyarakat luas. Pada generasi ini sebuah komputer dibuat dapat berfikir dan bertindak sesuai pengalaman yang dialaminya. Dengan dibuatnya Kepandaian buatan atau ARTIFICIAL INTELLIGENCE. Industri AI ini berkembang semenjak tahun 1980an Hingga sekarang, meskipun sudah dimulai dari tahun 1970an. Untuk menikmati teknologi tersebut kita baru bisa menunggu karena teknologi tersebut masih dalam tahap perkembamgan....



Untuk Versi Presentasinya berikut link untuk download:









Sejarah Komputer (Presentasi / .ppt) Reviewed by Bakhtiyar Sierad - Hosterbyte on Tuesday, March 17, 2009 Rating: 5

2 comments:

Don't Forget to leave comment

All Rights Reserved by Nunutjoe All In One © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.