Top Ad unit 728 × 90

Hot News

recent

64 bit atau 32 bit ???

Sekarang ini banyak di temui istilah 64 bit, 32 bit pasa sebuah sistem operasi.  Sebenarnya apa sih bedanya antara 64 bit dan 32 bit?? Perbedaannya ialah jumlah informasi yang mampu ditangani oleh prosesor PC pada saat tertentu. Sedangkan komputer yang dirancang untuk sistem operasi 64-bit memiliki potensi kinerja komputer yang jauh lebih besar, sehingga memerlukan perubahan mendasar dalam merancang sebuah software untuk sistem operasi 64-bit.
64 bit atau 32 bit ???

Dari kata “bit” mengacu pada cara komputer menangani informasi dalam kode binary, dimana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0. Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit, yang artinya prosesor 32-bit dapat memproses 32 digit sekaligus dan 64 bit damat memproses 64 digit sekaligus.. bisa dibayangkan??

Software untuk komputer dengan prosesor 32-bit termasuk sistem operasi seperti Windows, memiliki keterangan khusus untuk menyesuaikan dengan jenis prosesor, hal yang sama juga berlaku pada prosesor 64-bit. Microsoft memproduksi Windows XP dan Vista edisi 32-bit dan 64-bit dan melakukan hal yang sama pada Windows 7.

Ada pula batasan matematis yang signifkan terhadap dua jenis prosesor. Prosesor 32-bit hanya dapat bekerja dengan kapasitas memori maksimal mencapai 4GB dan ini biasanya dibatasi 2GB untuk setiap satu DIMM memory. Sementara prosesor 64-bit secara teori, dapat bekerja dengan kapasitas memory hingga 17 juta GB. Prosesor 64-bit juga mampu menangani proses hingga dua kali lebih cepat.

Keterbatasan memori untuk prosesor 32-bit mulai terlihat jelas ketika Windows Vista, yang memerlukan memory kapasitas besar dan kerap kesulitan menjalankan beberapa program secara bersamaan, bahkan bila menggunakan memory dengan kapasitas penuh hingga 4GB sekalipun.

Sebelumnya, mustahil setiap satu program memerlukan lebih dari 2GB memori, namun beberepa video game moderan kini telah melebihi batas tersebut. Alasan inilah yang membuat prosesor 64-bit menjadi sangat pupuler  bukan hanya sekedar ngetren, sehingga jumlah pelanggan yang tertarik untuk membeli sistem operasi 64-bit makin meningkat.

Windows edisi 64-bit dapat menjalankan sebagian besar software yang dirancang untuk edisi 32-bit melalui mode kompatibitas khusus, namun hasilnya bisa sangat bervariasi. Menggunakan sistem operasi 64-bit juga bisa menimbulkan sedikit masalah pada driver, yang merupakan bagian kecil software untuk mengkordinasi setiap perangkat hardware dengan sistem operasi.

semoga informasi diatas bisa membantu teman-teman jadi bisa menyimpulkan sendiri pirsi mana yang cocok dengan kita..

info ini dikutip dari : http://www.bhinneka.com/bpost_detail/perbedaan_sistem_operasi_32_bit_dengan_64_bit.aspx
64 bit atau 32 bit ??? Reviewed by Bakhtiyar Sierad - Hosterbyte on Wednesday, February 27, 2013 Rating: 5

2 comments:

  1. We're a group of volunteers and opening a new scheme in our community. Your site provided us with valuable information to work on. You have done an impressive job and our whole community will be grateful to you.

    Feel free to visit my web blog: miasto

    ReplyDelete
  2. Ich hab online mehr аls 4 Stunden gebrοwesd ,aber keinen Αrtikel gеfunԁen,
    dіe ѕo іnteresѕant wie dеine
    waren. Das ist echt wundеrbar fuer mich!

    my web-site; SAMP Roleplay

    ReplyDelete

Don't Forget to leave comment

All Rights Reserved by Nunutjoe All In One © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.